Kamis, 19 Februari 2015

Ekonomi Etnik

Oleh : Rahmat

Beberapa hal yang  menyangkut tentang perekonomian terutama pengusaha yang berhasil dalam menekuni bidang usahanya suatu masyarakat tidaklah terlepas dari riwayat dan perjalannya. Saya akan menjelaskan hasil wawancara saya kepada seorang salah satu pengusaha di kota pontianak. Beliau adalah keturunan suku Sunda yang lahir di kota Pontianak. 


Namanya Endih Supandih. S.E. tempat tanggal lahir Pontianak, 11 Juli 1975. Adapun alamat rumahnya di  Jl Ampera Komplek Bali Asri 2 Blok 2 B Pontianak Nomor Hp 08134588871. Untuk pendidikannya untuk pendidikan dasarnya beliau menempuh di SDN 30 Pontianak, sekolah menengah pertamanya adalah di SMP 02 Pontianak dan sekolah menengah atasnya beliau tempuh di SMKN 1 Pontianak. Untuk diperguruan tingginya ditempuhnya di STIE Pontianak. Motto hidupnya “Manusia terbaik adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama”. Motto dalam berbisnis Berani gagal berani sukses.

Adapun mengenai tempat lokasi usaha beliau biasa juga dirumah di jalan Ampera Kompleks Bali Asri 2 Bali Asri 2 Blok 2 B Pontianak. Jalan Sungai Raya Dalam Gg Hj Zainab dan di Parit Pekong Gg Lestari. Mengenai tentang keluarga beliau, Istrinya adalah salah seorang pengajar di salah satu perguruan tinggi swasta di Pontianak sebut saja istrinya adalah seorang dosen Bahasa Inggris di IKIP PGRI Pontianak. Pak Endih memiliki tiga orang anak, untuk anak yang pertama beliau sekolahkan di pesantren di kota Madiun Jawa Timur. Anak keduanya, masih kelas lima SDN 34 Pontianak kemudian anaknya yang bungsu yang bernama Husna masih duduk dibangku TKIT Yaa Bunayyah Hidayatullah Kota Pontianak.

Mengenai jenis usaha saat ini Beliau adalah seorang Depelover sekaligus mempunyai berbagai bidang usaha diantaranya adalah usaha taman, usaha kue kering (ketika bulan bulan Ramadhan), penjual majalah Hidayatullah, bisnis umroh, dan juga seorang develover pastinya. Saat ini beliau masih menggeluti usaha properti perumahan yang sudah beberapa tahun dia tekuninya. Adapun usaha perumahannya yakni Griya Alam Raya dan perumahan Pondok Indah Gardenia.

Jenis-jenis keberhasilan yang diperoleh Perumahan yang beliau bangun ada type 53 sebanyak 20 unit ada type 70 sebanyak 8 unit.  yang keuntungannya miliaran rupiah, selain mendapat keuntungan sendiri bisnis perumahan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas dan dapat juga  meningkatkan perekonomian masyarakat, pokoknya nggak rugi deh jika kita bisnis perumahan, dapat memenuhi tuntutan lapangan pekerjaan khususnya buruh bangunan. 

Cara memenajemen usaha supaya sukses Harus istiqomah tetap pendirian bahwa saya harus menjadi pengusaha, saya harus berhasil, saya harus kaya, dan saya harus bermanfaat bagi sesama nggak usah mau jadi yang lain lagi, misalnya mau jadi pegawai ya jadi pegawai. Kalau mau jadi pengusaha ya pengusaha jangan dualisme mau jadi pegawai juga mau jadi pegawai juga kata pak Endih. Kita harus mencontoh tauladan kita Rasulullah sebagai seorang pedagang jadi, kalau mau jadi pedagang itu jangan hanya sekedar pedagang tapi juga seorang konglomerat. Sudah saatnyalah kita sebagai orang-orang beriman dan sebagai orang-orang muslim mencontoh Rasulullah sebagai seorang pedagang. Pedagang itu cakupannya luas, dan pedagang jualan dan ada pedagang jasa. Jadi, dalam bisnis perumahan ini kita bisa menyediakan rumah untuk pemukiman bagi masyarakat dan lapangan pekerjaan. Jadi, kalau ada yang mau join itu bisa mempermudah untuk cari tugas, ada juga sendiri tapi biasanya kita membutuhkan staf karena bisnis perumahan ini tidak dikerjakan sendiri tapi kita butuh orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing seperti urusan administrasi, siapa bagian marketingnya, siapa bagian birokrasinya, siapa bagian untuk pembangunan, jadi semua ada menejemennya. Jadi kalau ingin berhasil dalam bisnis perumahan itu yakni rumah itu terjual dengan cepat dan konsumen juga merasa puas.
Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda