Rabu, 23 September 2015

Catatan PCTA 2015 ( Bagian 1)

Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2015. Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda, Kita Tumbuhkan Budaya Maritim Indonesia. Itulah tema Lomba Diskusi dan Penulisan Artikel tingkat Siswa dan Mahasiswa se-Indonesia kali ini. Berbicara tentang semangat bela negara, itu tak lepas dari peran pemuda. Pemuda adalah calon pemimpin masa depan. Maka dari itu, perlu kita persiapkan generasi-generasi pemuda yang unggul, cerdas dan kreatif. 



PCTA adalah kegiatan yang digagas oleh Kemenhan RI sejak tahun 2012. Sedangkan kegiatan lomba PCTA tahun 2015 ini dilaksanakan sejak tanggal 7-11 September 2015 dan diikuti oleh Mahasiswa/i dan Pelajar SLTA sederajat di seluruh Indonesia. Materi kegitan lomba yaitu menulis artikel tingkat Mahasiswa/i se-Indonesia dan diskusi untuk Pelajar SLTA se-Indonesia 

Terkait dengan tema yang diangkat pada kegiatan PCTA tahun ini, Menhan menganggap hal tersebut sangat relevan dengan situasi saat ini di tengah upaya bangsa Indonesia untuk terus meningkatkan wawasan kebangsaan dan pelestarian nilai-nilai cinta tanah air.

Indonesia adalah negara kepulauan yang hampir 2/3 wilayah teritorialnya adalah wilayah bahari. Ini menyebabkan Indonesia memerlukan sistem dan strategi pertahanan negara yang tangguh dan kuat. Oleh karenanya, sistem dan strategi pertahanan negara secara terus menerus disempurnakan, untuk mewujudkan sistem pertahanan semesta yang ampuh untuk mengatasi ancaman yang semakin kompleks, dan postur pertahanan negara yang memiliki kekuatan penggetar.

Dalam sistem tersebut, pertahanan negara di desain agar mempunyai kemampuan menangkal berbagai dimensi ancaman di wilayah Indonesia. Salah satu langkah yang ditempuh adalah peningkatan kesadaran bela negara.





 

Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda