Senin, 26 Oktober 2015

Tentang MAS SYAHID Pontianak

Tentang sekolahku

 

Hallo sahabat-sahabat semua. Kali ini saya akan membahas sekolah yang dahulunya swasta, kini menjadi negeri. Kok bisa? Ya, sekolah yang bernama Madrasah Aliyah Syarif Hidayatullah (MAS SYAHID) Pontianak ini, kini akan diubah status menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pontianak. Untuk lebih detailnya, adakalanya kita mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. Baiklah, kita mulai. Bismillahirrahmaanirrahim.


Sejarah Singkat Berdirinya MAS SYAHID Pontianak
Madrasah Aliyah Syarif Hidayatullah Pontianak adalah lembaga pendidikan Islam, setingkat dengan SMA yang berada di bawah naungan Yayasan Syarif Hidayatullah Pontianak. Madrasah Aliyah Syarif Hidayatullah Pontianak yang akrab dengan singkatan MAS-SYAHID Pontianak, dirintis sejak tahun 1985 sampai saat ini setelah di-SK-kan pada tanggal 17 September 1986, telah meluluskan kurang lebih 2096 orang siswa. Sejarah latar belakang berdirinya MAS-SYAHID tersebut, berawal pada Bapak Mastur Shafwan (alm.) dan kawan-kawan. (Mungkin kalo sekarang bisa 4 ribuan).

Merasa terpanggil untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan formal yang bernafas Islam setingkat dengan SMU. Rencana tersebut dikonsultasikan kepada Pudek. III yang saat itu dijabat oleh Bapak M,Thamrin Ghani (alm.) Usulan tersebut disetujui, kemudian disusunlah proposal pendirian sekolah. Dalam waktu yang tidak lama proposal tersebut diajukan kepada Bapak Bachit Nawawi, yang saat itu menjabat sebagai dekan fakultas Tarbiyah IAIN Pontianak dan proposal tersebut disetujui. Menjelang tahun ajaran 1986/1987 diumumkanlah beridirinya sekolah ini dengan Nomor Induk Sekolah (NIS) 312617101012 diberi nama Madrasah Aliyah Syarif Hidayatullah Pontianak status terdaftar, pejabat kepala madrasah sementara adalah Bapak Mastur Safwan (alm.). (http://masyarifhidayatullah.blogspot.co.id/2011/01/profil-madrasah-aliyah-syarif.html).

Nama madrasah tersebut diilhami oleh nama IAIN Syarif Hidayatullah Pontianak yang merupakan cabang IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan kebetulan MAS-SYAHID Pontianak, berada dalam lingkungan komplek kampus IAIN Syarif Hidayatullah Pontianak Cabang IAIN Ciputat, yang kini juga telah berubah nama menjadi STAIN Pontianak sejak tahun pelajaran 1997/1998.

MAS SYAHID KINI.....

Lokasi tanah di Jl. Khatulistiwa Gang Flora Kecamatan Pontianak Utara. Lokasi tanah yang ditinjau tersebut rencananya Insya Allah akan dibangun sebagai Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pontianak. Karena itu untuk memastikan kondisinya apakah sesuai untuk pembangunan madrasah ,kepala Kemenag Kota Pontianak turun langsung ke lokasi dengan didampingi Kasi Pendidikan Madrasah H.Makpul,S.Ag, M.Pd.I dan stafnya Iwan Nurjaya,S.Sos.

Menurut Kuasa Pengguna Anggaran Kankemenag Kota Pontianak ini, bahwa tempat rencana pembangunan gedung MAN 3 tersebut bagus. “ Cantik lokasinya, apalagi ada masjid didekatnya, jadi ndak susah bangun musholla lagi tinggal masjidnya aja yang dibaguskan,” tuturnya kepada kasi madrasah sambil memandang lokasi tanah.
Sebagaimana diketahui, cikal bakal MAN 3 Pontianak adalah MAN Filial yang merupakan siswa-siswa MAS Syahid Pontianak didalamnya. Saat ini jumlah siswa-siswi MAN Filial berjumlah 267 orang yang terdiri dari 119 orang kelas X, 83 orang kelas XI, 65 orang kelas XII.
Yang mana diperkirakan sekitar tiga tahun mereka akan menumpang pada MTs Negeri 2 Pontianak, selama gedung baru tersebut belum dibangun. Sekarang ini, Kelas XII untuk pelaksanaan kegiatan Ujian Nasional tahun 2015 bergabung di MAN 2 Pontianak Jl. A.Yani.
Oleh karena itu tentu Kantor Kemenag Kota Pontianak, para guru dan orang tua siswa berharap proses pembangunan gedung MAN 3 tersebut segera terealisasi. (http://kemenangkotapontianak.blogspot.co.id/2015/08/meninjau-lokasi-pembangunan-man-3.html).

Itu aja dulu tentang sekolah Aliyah ku dulu, nanti akan di bahas pengalaman-pengalaman saat-saat saya masih sekolah dulu.
Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda