Kamis, 29 Desember 2016

Sarjana Muda

Menjadi sarjana muda tentu adalah harapan setiap orang. Harapan orang tua, anak dan keluarga. Menjadi sarjana itu tak mudah. Menjadi sarjana itu butuh pengorbanan waktu, pikiran, hati dan tentunya yang paling utama adalah uang. Dulu, orang sangat terkagum dengan gelar sarjana yang diraih seorang. Sekarang beda lagi ceritanya.

Gambar Disini

Share: 

Senin, 26 Desember 2016

Anak Nelayan

Anak Nelayan
Rahmat Menong
Hembusan ombak menghiasi birunya lautan. Angin sepoi-sepoi yang juga menambah kedinginan di malam itu. Tengah  malam dilautan aku bersama bapak, mencari ikan seperti biasanya. Kami terdiam, tiba-tiba ayah berkata padaku.
Share: 

Sabtu, 24 Desember 2016

Dialog Aku, Kau dan Dia

Niat untuk dijadikan novel tapi tak kunjung jadi niat tersebut. Penyebabnya klasik yakni kurangnya keistiqomahan dalam menulis. Saya berdoa, yang membaca dialog ini, mungkin kalian bertanya-tanya. Ini tentang apa dan siapa nama ketiga tokoh tersebut. Insya Allah bila tak ada halangan, dialog ini akan saya jadikan dalam sebuah cerpen. Teruntuk kamu yang entah ada dimana. Semoga engkau masih ingat akan kisah setahun yang lalu ini.


Share: 

Kamis, 22 Desember 2016

Hal Tak Terduga Manakala Sedang Asyik Menulis

Hal yang tak terduga manakala disaat saya sedang asyik menulis. Memang kalo menulis itu hobi saya. Walaupun tulisan saya ini masih sangat sederhana dan masih jauh untuk dikatakan sempurna. Namun bila terus mengasah, berlatih dan berlatih, Isya Allah akan berbuah hasil. Saya yakin itu. Hehe. Saya hanya percaya diri saja. Siapa tahu suatu hari nanti saya benar-benar bisa mewujudkan impian saya untuk jadi wartawan. Amin. Yang membaca tulisan ini, berarti kalian sudah ikut mendoakan saya. Terima kasih banyak.

Share: 

Minggu, 18 Desember 2016

Tiga Hal Yang Dialami Di Kehidupan Ekonomi Kita

Karyawan atau pegawai tentu memiliki makna yang sama tapi mempunyai arti yang berbeda. Tapi itu tak penting untuk dibahas apalagi dibuat defenisinya ditulisan ini. Saya mau cerita ditulisan saya ini bahwa jangan gengsi untuk jadi karyawan atau pegawai. Sebab dengan menjadi karyawanlah kita belajar bagaimana untuk menjadi seorang bos. 

Sumber Gambar
Bukankah untuk menjadi seorang bos itu diperlukan pengalaman dari bawah dulu. Belajar dari hal-hal yang kecil dulu, lalu kemudian lambat laun jika kinerjanya baik maka sudah barang tentu dia akan dinaikan jabatannya di instansi tempat dia bekerja.

Inilah hal-hal yang saya alami kehidupan saya selama ini

Membaca Buku Bisnis
Sumber Gambar
Dulu saya kebanyakan membaca buku yang isinya jangan mau jadi pegawai. Atau pernah saya baca disuatu paragraf pada buku bisnis yang saya beli isinya. Kamu kerja atau dikerjain. Itulah pegawai katanya. Walau pun memang setelah ngebaca buku adrenalin kita naik 1000 kali lipat dan ingin sekali berbisnis. Pertanyaannya adalah bisnis apa yang cocok buat kita? Bisnis apa yang relevan buat daerah kita. Walaupun semua ajakannya itu baik, tapi kita jangan konyol atau tidak menghargai profesi kita sebagai karyawan. Karena apapun yang halal dan berasal dari keringat kita sendiri itu sangat indah.

Mengikuti Seminar Bisnis
Sumber Gambar
Di seminar bisnis saya dikejutkan juga dengan salah seorang motivator yang begitu mudahnya untuk berbisnis. Saya yang tidak mempunyai bakat bisnis atau memang di lingkungan tempat saya tinggal sangat tidak memungkin bagi saya untuk menjadi pembisnis. Walaupun sebagian besar keluarga saya adalah pengusaha. Tapi apakah saya akan jadi pengusaha juga?

Perlu diketahui saya ini ternyata ada usaha atau bisnis kecil-kecilan. Sebenarnya kalo saya fokuskan jualan lumayan juga untungnya buat beli bensin dan sabun. Ya, selama ini saya jualan hanya untungnya buat beli bensin dan sabun saja. Saya masih belum bisa memaksimalkan peluang dan mengatur waktu antara kuliah, kerja dan berorganisasi. Ujung-ujungnya saya jadi kurang fokus, kuliah berantakan, kerja atau usaha terbengkalai dan organisasi tidak terlalu aktif. Seandainya saya memaksimalkan satu kesempatan saja, mungkin saya tidak akan seperti ini. Namun setidaknya ini bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

Saya Bekerja
Sumber Gambar
Tapi syukurnya saya dapat kerja sampingan tapi itu di malam hari. Biasanya saya masuk jam setengah empat tapi mungkin dikarenakan rada bercampur bosan, saya putuskan untuk masuk kerja ba`da sholat Isya hingga pulang tak menentu. Kadang saya pulang paling awal jam dua belas malam. Kadang juga jam satu malam, setengah dua dan pernah pulangnya jam setengah tiga. Itu saya lakukan supaya bisa bertahan dan membiayai kuliah saya yang berantakan ini.

Saya berharap, semoga yang membaca tulisan saya ini bisa mengerti dan paham apa itu kehidupan saya. Akhirnya saya sampaikan, di akhir tahun 2015 yang lalu yang pernah nulis resolusi dan target saya di tahun 2016. Apa yang terjadi? Ternyata sangat sedikit sekali yang terwujud. Saya rasa, saya kurang fokus untuk hal yang seperti ini. Tapi saya akan tetap semangat demi menggapai hal-hal yang belum saya gapai. Saya sedang tidak enak badan menulis tulisan ini. Semoga berkah.

Share: 

Jumat, 16 Desember 2016

Minggu, 11 Desember 2016

Festival Borneo 2016

Festival Borneo 2016 telah usai. Diakhir tahun tepatnya pada tanggal 8-10 Desember 2016 ini Pontianak mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah event sepulau Kalimantan ini. Tampak berbagai stand di tiap provinsi pulau Kalimantan hadir semua. Saya menyaksikan event ini hanya dihari akhir saja. Tepatnya pada tanggal 10, kemudian pada malam penutupan ditanggal itu juga.

Share: 

Sabtu, 10 Desember 2016

Orang Bugis di Sungai Kakap, Kalimantan Barat

Buku Orang Bugis di Sungai Kakap Kalimantan Barat ini menggambarkan keadaan orang Bugis perantauan yang tinggal di Sungai kakap, Kalimantan Barat. Mereka hidup di ruang sosial bersama masyarakat Melayu dan Dayak, yang memiliki rivalitas etnis yang kuat.

Dokumentasi pribadi. Buku Orang Bugis di Sungai Kakap, Kalimantan Barat. Cover buku tampak dari depan
Share: 

Jumat, 09 Desember 2016

Manajemen Bencana Bersama Baznas Kalbar

Alhamdulillah saya bisa hadir dikesempatan pada Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar yang mana pelatihan ini diselenggarakan oleh Baznas Kalbar. Turut hadir berbagai perwakilan Baznas dari berbagai kota/kabupaten diseluruh provinsi Kalbar.

Dokumentasi Pribadi. Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar di Hotel Kapuas Dharma Pontianak
Share: 

Senin, 28 November 2016

Mendapatkan Penghasilan 10 Juta dari Facebook

Saat melihat status-status teman di akun facebook saya. Memang kebanyakan yang dibahas mereka adalah isu tentang pak Ahok, tapi terus terang, saya tidak demen membahas perkara seperti itu yang ujung-ujungnya hanya drama yang tiada usai. Walaupun ternyata saya juga ikut membaca beberapa postingan yang saya rasa itu sangat-sangat, sangat apa ya? Ah, sudahlah semua tergantung individu masing-masing bagaimana dia memanfaatkan sosial media saat tersebut.

Sumber Gambar
Share: 

Minggu, 20 November 2016

Gadis Berjilbab Hitam

Gadis Berjilbab Hitam
Oleh : Rahmat Menong

Siang tadi aku ditelepon oleh seorang sahabat  agar aku harus datang juga segera di kampus. Ya, hari ini ada administrasi kampus yang harus diselesaikan segera. Karena bila tidak hari ini dikerjakan, maka terlambat sudah untuk membuat perencaan kuliah. Itu adalah KRS atau lebih dikenal dengan sebutan Kartu Rencana Studi (KRS),  karena hari ini terakhir, maka aku harus buat. Sebenarnya aku dan kawan-kawan udah kelar ngurusnya, tapi dikarenakan ada kebijakan baru, maka mau tidak mau kami harus mengubah KRS kami tersebut.

 Foto disini
Share: 

Kamis, 17 November 2016

Pontianak Masa Kolonial

Pontianak Masa Kolonial       

Penulis Hasanuddin 271 halaman      

Buku ini menceritakan tentang Pontianak sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan di Kalimantan Barat melalui proses sejarah yang sangat dinamis, ketika terlibat dalam suatu lintas territorial dan interkasi lintas budaya terutama hubungan Arab, Bugis, Melayu, dan Cina telah memberi warna pada ideology dan sistim politik Kerajaan Pontianak, dan juga munculnya pengaruh Kolonial Belanda telah membawa dampak sosial, politik, ekonomi dan budaya. Eksploitasi Pemerintah Belanda melahirkan perubahan–perubahan baru dalam hubungan ekonomi, kekuasaan dan social. Terdapat interelasi yang dinamis antara perubahan struktur politik dan ekonomi terhadap perubahan social masyarakat di Pontianak dalam berbagai level.

Share: 

Rabu, 16 November 2016

Yuk Bayar Zakat di BAZNAS Kalbar

Wajib Zakat
Harta zakat dianggap sebagai salah satu jenis harta yang diletakan di Baitul Mal. Namun, zakat berbeda dengan jenis harta-harta yang lain dari segi perolehannya, berapa kadar yang harus dikumpulkan, dan pembelanjaannya. Zakat, dari segi perolehannya, tidak akan dikumpulkan selain dari harta orang-orang Islam, dan tidak dari orang non-Muslim. Zakat tidak sama dengan pajak umum. Zakat hanyalah salah satu bentuk ibadah dan dianggap sebagai salah satu bentuk rukun Islam. Zakat, meskipun berupa harta, pembayarannya bisa mewujudkan nilai spiritual sebagaimana salat, puasa dan haji. Hukum menunaikannya adalah wajib `ain bagi setiap Muslim. (Taqiyuddin an-Nabhani. 2015 : 325).

Dokumentasi saat penyerahan zakat kepada 100 Mahasiswa di seluruh kampus yang ada di Kalbar
Share: 

Selasa, 15 November 2016

Blogger atau Bloger

sewaktu pas pertama mau buat blog, saya bingung juga dengan istilah blogger atau bloger. Ini yang dipake mana ya? Apakah G-nya ada double atau hanya satu G? Pertanyaan itu juga pernah ditanyakan seorang teman kepada saya, bingung juga mau jawabnya. Jawab seadanya saja.

Share: 

Senin, 07 November 2016

Sabtu, 05 November 2016

Bedah Buku Ustad Felix Siauw

Beda Buku How to Master Your Habbit, bedah buku penulis Islami yang dikenal dengan lugas dan berani dalam menyampaikan argumen serta tulisannya yang dianggap mampu memikat pembaca sekalian. Mari Saksikan cuplikan video yang telah saya unggah di akun Youtube saya. 


Share: 

Kamis, 03 November 2016

Pekan Kreasi Pemuda Kota Pontianak 2016

Pekan Kreasi Pemuda 2016.  Sebuah event kreasi pemuda pertama kali yang saya liat dan saksikan di Kota Pontianak ini. Mungkin juga ini sebuah event pertama di kalbar. Saya sendiri tak sengaja datang ke  Pontianak Convention Center (PCC). Saya tak ada niat untuk hadir disini. Tapi dikarenakan saya harus mengembalikan buku yang saya pinjam kepada salah seorang yang juga akan menerima rekor muri 117 penulis, ya dengan segala senang saya datang ke PCC.

Share: 

Rabu, 02 November 2016

How to Master Your Habits With Ustad Felix Siaw

Saya sendiri sengaja datang di hari terakhir Kalbar Book Fair (KBF) 2016 ini. Sebagai puncak acara KBF 2016 kali ini, beliau hadir ditengah para pengunjung buku. Saya sendiri, begitu tidak menyangka bisa mendapati begitu ramainya para peserta yang hadir. Kebetulan saya duduk paling depan. Jadi, dengan leluasa saya bisa moto-moto dengan sepuasnya. Ya, walaupun kamera hape saya tidak secanggih dengan yang lainnya, setidaknya saya bisa saya foto kegiatan ini.

Share: 

Selasa, 01 November 2016

Diary of Marbot

Awal cerita
Sengaja saya kasih judul seperti itu. Diary of Marbot. Apakah kalian tahu apa itu Marbot? Ya, mungkin tak perlu saya jelaskan, sebab saya rasa kalian sudah pasti tahu apa itu defenisi Marbot. Sory, kalo tulisan bahasa Inggris saya masaih belum benar.

Share: 

Jumat, 28 Oktober 2016

Kenapa Harus Asus ROG? Ini Alasannya

Kenapa harus Asus ROG? Asus ROG G752VS. Iya kali ini saya akan membahas kenapa kita harus pake laptop Asus ROG? Hmm Bang Chandra Liuw punya kesan dan pengalamannya selama dia pake laptop Asus ROG. Selain buat main game, laptop Asus ROG ini juga dia gunakan ngerjain tugas-tugas kuliah kampus waktu dia kuliah dahulu.

Sumber gambar disini

Share: 

Kamis, 27 Oktober 2016

Kalbar Book Fair 2016

Kalbar Book Fair (KBF) 2016 merupakan pameran buku terbesar di Kalimantan Barat. KBF ini dimulai pada tanggal 26 Oktober hingga 1 November 2016. Adapun lokasi untuk pameran ini dilaksanakan di Rumah Radakng, Pontianak Kalimantan Barat.


 
Share: 

Rabu, 26 Oktober 2016

Enam Film Indonesia yang Syuting di Kalbar

Deretan film-film nasional Indonesia yang pernah syuting di Kalbar. Ada beberapa film yang pernah syuting di Kalbar dan ada juga yang menceritakan tentang daerah Kalbar itu sendiri. Sebut saja tentang  Pontianak dan perbatasan.

Keasrian dan kenaturalan wajah Kalimantan barat, kini menjadi gaya tarik tersendiri oleh para pelaku entertaiment khususnya mereka yang bergerak di industri perfilman.


Share: 

Selasa, 18 Oktober 2016

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia. Sebuah ibu kota provinsi Kalimanta Barat yang banyak terdapat seni, budaya dan kulinernya. Pontianak juga dikenal dengan kota khatulistiwa sebab, dimana akan ada peristiwa titik kulminasi setiap dua tahun sekali.
 
Karena alasan pendidikan, tahun 2009 saya sudah menetap di Kota ini. Kota khatulistiwa. Kota yang dikenal dengan berbagai macam seni budaya, kuliner dan juga Tugu Khatulistiwa yang merupakan salah satu icon kota ini. Dan masih banyak lagi yang perlu saya kupas di tulisan kali ini.

Share: 

Minggu, 16 Oktober 2016

Netbuk Baru Semangat Baru


Ada hal yang ingin saya ceritakan kali ini. Ya, alhamdulillah setelah sekian lama menunggu dan berjuang ngumpulin duit, akhirnya saya bisa membeli netbuk yang harganya pas dengan isi dompet saya. Ya, walaupun harus pinjam sana-sini demi dapatkan netbuk ini. Alhamdulillah masih ada orang yang mau meminjamkan uangnya pada  saya.


Share: 

Minggu, 18 September 2016

Mustahil Jomblo

Mustahil Jomblo. Iya benar emang mustahil jomblo. Tak ada jomblo di dunia ini, yang ada hanya single. Katakan pada dunia bahwa saya tidak jomblo, tetapi saya adalah seorang yang single. Kurang lebih seperti itulah kalimat pembuka yang diucapkan oleh Ustad Lukmanul Hakim, yang selaku sebagai pemateri seminar Mustahil Jomblo, lepas kejombloan dengan cara Allah. Merupakan seminar jomblo pertama di Indonesia dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Pontianak.


Share: 

Jumat, 16 September 2016

Pagi-pagi Bersama Koran dan Kopi

Hampir empat tahun sudah saya berlangganan koran. Sebagai seorang yang suka membaca, koran seakan menjadi santapan saya setiap harinya. Koran menjadi inspirasi buat saya. Koran adalah jendela informasi yang selalu af det buat perkembangan zaman. Zaman sekarang bila kurang membaca, itulah kata dunia, ayo membaca, salah satunya membaca koran. Hampir tiap pagi, koran selalu datang di rumah. Alhamdulillah.

Share: 

Rabu, 14 September 2016

Ternyata Saya Ikut Seleksi Duta Bahasa Kalbar Tahun 2016, Ini Buktinya



Program Duta Bahasa Kalbar
Oleh: Rahmat

Apa yang saya lakukan ketika terpilih menjadi Duta Bahasa Kalbar? Berbicara tentang bahasa yang ada di Kalimantan Barat, tentu kita sudah mengetahui bahwa Indonesia ini kaya akan budaya dan bahasa. Dari Sabang hingga Merauke dengan berbagai macam suku yang ada, namun kita tetap bersatu padu membangun negeri ini bersama.

  
Share: 

Sastra di Sekolah

Sastra di sekolah memang sudah diajarkan oleh guru bahasa Indonesia. Kenyataannya walau sudah diajarkan, namun tetap saja ada sebagian siswa yang sangat tidak berminat dengan dunia sastra. Sastra itu luas, bukan hanya sekedar baca puisi dan berbicara tentang cerpen tetapi lebih dari itu.

Sumber Disini

Share: 

Kamis, 25 Agustus 2016

Dialog Sastra Kalbar

Ternyata saya masih bisa diberi kesempatan untuk hadir di acara Dialog Komunitas Bahasa dan Sastra bagi Penulis sastra di Kalimantan Barat Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Kalimantan Barat. Selasa 23 Agustus 2016. Inilah untuk pertama kalinya saya datang kesini.


Share: 

Senin, 22 Agustus 2016

Tiga Alasan Saya Jarang Ngeblog Lagi

Hai saabat. Pa kabar? Hmm rasanya memang saya sangat jarang apdet tulisan di blog lagi. Tentunya saya punya alasan mengapa saya jarang dan bahkan pada bulan Juli yg lalu pernah saya buat satu postingan/tulisan saja.  Baiklah tanpa perlu memperpanjang kalimat. Berikut, beberapa alasan saya kenapa jarang apdet tulisan di blog ini lagi.

Share: 

Selasa, 16 Agustus 2016

Gak Bisa Nyambung Sekolah

Saya ini orangnya gimana ya? Bingung bin plin plan. Ya, saya akui memang begitulah saya. Tapi semua itu, saya lakukan atas dasar pertimbangan dan pemikiran yang  matang. Wes, udah dewasa bener nih. Tidak juga. Sob, kali ini saya akan bercerita perihal kehidupan saya selama ini. Hanya sebagian kecil saja sih.


Share: 

Sabtu, 13 Agustus 2016

Udah Punya Istri

Tiga orang yang sudah bertanya. kalo ketemu orang yang baru kenalan begini nanyanya, “udah punya istri?” .

Ya  Allah kok orang nanya kayak gitu ya? Bingung saya menjawabnya. Jangankan punya istri, pacar aja gak ada. Eh, gak boleh pacaran. Apapun alasannya, kata ustad, pacaran itu tidak boleh.

Sumber Disini

Share: 

Sabtu, 06 Agustus 2016

Menciptakan Pilihan

Tidak mungkin tak ada pilihan. Hidup itu pilihan, apalagi saya diminta utk memilih jalan pintas bin konyol seperti itu. Kita bisa menciptakan pilihan2 terbaik bagi hidup ini. 

Itulah manusia, itulah saya, kamu dan dia. Kita tak sama. Semua orang berbeda. Beda kepala beda lg jalan pikirnya. Jangan kalian anggap semua orang sama. Apalagi saya. Saya ini orangnya anti mainstream (Ape itu? Cari saja di gugel. Haha).



Sumber Gambar

Share: 

Jumat, 01 Juli 2016

Happy Juli

Hapyy Juli. Alhamdulillah semangat untuk menyambut awal bulan  ini yang mana bentar lagi lebaran akan segera tiba. Yang udah kerja pasti udah dapat THR kan? Nah bagi yang belum harap-harap sabar semoga akan ada rejeki untuk kita. Bagi golongan yang sudah dapat THR, kalian sudah pasti belanja untuk keperluan lebaran. Nah bagi golongan yang tidak mendapatkan THR (termasuk saya), palingan gigit jari aja dulu, sambil menunggu rejeki uang banyak turun dari langit. Hehe.


Share: 

Kamis, 30 Juni 2016

Saya Adalah Duta Kampus

Ditengah panasnya cuaca di Kota Pontianak, terlebih bulan ini juga dibarengin dengan bulan puasa yang merupakan kewajiban untuk berpuasa bagi setiap muslim. Tulisan tentang duta kampus ini saya persembahkan buat teman-teman yang lagi kuliah, calon mahasiswa dan alumni di kampus-kampusnya masing-masing.
Share: 

Jumat, 17 Juni 2016

Catatan ke Sungai Adong

Jumat 03 Juni 2016

Hari ini ayah akan datang ke Kota Pontianak, sudah bisa diketahui, pasti dari Sungai Kakap. kedatangannya hanya untuk mengunjungi anak adiknya yang akan melaksanakan resepsi pernikahannya pada tanggal 4-5 Juni 2016 di Sungai Adong, Kabupaten Kubu Raya.

Karena sudah menjadi rencana kami sepekan sebelumnya, bahwa aku akan menjemput ayah di Sungai Kakap dan langsung menuju ke Sungai Adong dengan menggunakan sepeda motor yang aku pinjam dari seorang teman.


Share: 

Rabu, 01 Juni 2016

1 Juni 2016

1 Juni 2009 adalah dimana saat saya pergi meninggalkan rumah. Tepatnya saatnya mengikuti ujian susulan. Paket B di desa jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Bersama Usman, Reni dan Marisa, kami yang satu sekolah yang tidak lulus, harus mengikuti ujian persetaraan Paket B. Kami adalah siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) tingkat MTs tahun 2009 di Kecamatan Sungai kakap. kami mengikuti ujian paket bersama teman-teman SMP/MTs se kecamatan Sungai Kakap yang juga tidak lulus di UN-nya.


Share: 

Sabtu, 28 Mei 2016

Jumat, 27 Mei 2016

Saya Pun Galau

Saya mengeluh dengan tidak bisa datangnya dosen bimbingan skripsi mana kala saya ingin konsultasi perihal skripsi saya. Padahal jelas-jelas sudah saya tunggu sedari jam tujuh hingga jam sembilan paginya, nyatanya beliau tetap juga tidak ada nongolnya.


Di depan kelas Kampus


Share: 

Kamis, 26 Mei 2016

Tulisan Sampah

Ini adalah tulisan sampah lagi bodoh. Tak perlu kalian baca. Tapi saya akan bersyukur jika ada yang sudi membaca tulisan ini. Mudah-mudahan kalian paham dengan tulisan yang saya posting di blog ini. Saya menuliskannya berdasarkan pengalaman dari perkataan teman-teman saya ketika SMA dulu



Sumber Gambar Disini

Share: 

Minggu, 22 Mei 2016

Anem dan Ledeng

Anem mati. Ya, anem mati. Sejak kapan anem mati? Sejak pukul delapan pagi hingga jam lima sore. Sepekan berapa kali anem mati? Hari ini mati besok hidup lagi. Itu terjadi sudah beberapa dalam  sepekan ini. Anem mati sudah menjadi hal yang biasa, terlebih bagi masyarakat Kalbar, khususnya bagi masyarakat Pontianak dan sekitarnya.



Share: 

Kamis, 19 Mei 2016

Yuk Menulis

Tulisan yang buram itu lebih baik daripada hapalan yang kuat (Konghucu). Sebab tulisan akan terus terjaga tapi hapalan akan ikut hilang bersama meninggalnya penghapal tersebut. 

Ali bin Abi Thalib berkata; “Ikatlah ilmumu dengan tulisan. Lalu Al-Qur`an sendiri berkata dalam firmannya; Nun, walqolami wamaa yasy turuun (QS Al-Qolam:1). “Demi pena, dan apa-apa yang mereka tulis.



Share: 

Selasa, 17 Mei 2016

17 Mei 2016

Saya teringat dengan tulisan resolusi saya pada buku harian yang saya tulis. Pada buku itu, tercantum beberapa target-target yang akan saya gapai kedepannya. Kini hampir dua tahun sudah tulisan resolusi itu tak membekas dan tak memberi efek. Tetap saja saya seperti ini. Ya, sama seperti yang dulu.

Saya tulis dengan harap bisa mengingatkan kembali tentang cita-cita dan harapan diri saya. Tetap saja seperti ini. Bahkan ditanggal 17 Mei 2016 ini merupakan hari ulang tahun saya yang ke-24. Umur cukup dewasa dan sudah bisa menentukan mana pilihan-pilihan yang sesuai dengan keinginan hidup.

Saatnya untuk menata masa depan, meraih cita dan cinta dan tak kalah pentingnya adalah membahagiakan kedua orang tua saya. Ya Allah permudahkanlah hamba-Mu ini dalam menggapai segalanya. Beri hamba-Mu ini kesempatan dan waktu untuk mempersiapkan segalanya.



Share: 

Minggu, 15 Mei 2016

Masuk Koran (2)

Kenapa saya menuliskan ini lagi? Sebab saya rasa perlu juga untuk memposting cerita ini. Agar apa? Agar semua orang tahu tentang bagaimana prosesnya dan lagian juga untuk pengarsipan saya. Ya, saya kira kita perlu menjadikan arsip diri sebagai kenangan untuk kita kenang dikemudian hari.

Kita punya kemampuan tersendiri, dan ternyata berhasil dan sukses. Apa salahnya untuk diarsipkan, tentunya tidak dengan maksud untuk menyombongkan diri dan pamer. Setidaknya dengan kemampuan yang kita punya tersebut, tentunya akan ada orang yang akan termotivasi dengan kemaampuan kita tersebut. Apalah arti kemampuan dan kelihaian bila tidak diberitahukan kepada orang lain dan perlihatkan. Tentunya akan sia-sia semua itu.



Share: 

Kamis, 12 Mei 2016

Masuk Koran (1)

Gak nyangka juga tiba-tiba di akhir pada bulan Desember lalu, saya berkesempatan diwawancarai oleh salah satu wartawan media terbesar yang ada di Kalbar. Sebenarnya, saya tidak mau untuk diwawancarai, tapi dikarenakan sudah terlanjur ada wartawannya disitu, jadi, mau tidak mau, ya, saya jawab segala pertanyaan wartawan tersebut. Meskipun saya agak terburu-buru karena ada jadwal kuliah di pagi itu.


Share: 

Minggu, 01 Mei 2016

Lima Tips Sukses Untuk Hadapi Sidang Skripsi

Untuk kali keduanya saya  mengikuti dan menyaksikan bagaimana sidang skripsi itu. Karena merupakan kewajiban bagi yang akan sidang nantinya. Maka mau tidak mau saya pun harus hadir.

Dalam hal ini, ternyata juga ada kartu kehadiran sidang kita, dan katanya juga sih harus penuh dengan paraf dosen yang memberikan sidang tersebut. Sebab nantinya, alasannya juga supaya saya bisa lebih memahami bagaimana itu  presentasi dipersidangan skripsi. Oke hari ini saya menyaksikan teman satu angkatan yang sidang di jam sepuluh pagi tadi.
Share: 

Jumat, 22 April 2016

Kenapa Harus Empat Jam?

Kenapa harus ditentukan oleh empat jam? Bayangkan kita belajar di bangku kuliah satu semester, katakanlah selama enam bulan. Ditentukan oleh empat jam bro, dua jam UTS dan dua jam UAS. Bayangkan coba,  kita ini paham selama proses perkuliahan dan tiba saatnya UTS dan UAS. Nah bila disaat itu kita lagi tidak mood, galau karena putus cinta, patah hati, kecewa, merana serana-rananya. Ini tentunya akan mengganggu segala proses UTS dan UAS tersebut, jika terganggu tentu banyak pikiran. Akhirnya secara tidak langsung UTS dan UAS pun tidak maksimal kita laksanakan dan sudah pasti nilainya akan rendah.
Share: 

Kamis, 21 April 2016

Galau

Gak tahu harus berbuat apa. Semoga aja ini jalan yang terbaik buat kalian. Inginnya aku adalah untuk membahagiakan kalian, wahai ayah dan ibu. Cobalah kalian mengerti dan pahami maksud anak kesayanganmu ini.  Aku juga mengerti bagaimana kalian kerja mati-matian disana, hanya untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari. Aku juga sadar, gak mungkin sudah kalian untuk bisa bantu biaya kuliah buat anakmu ini. Emang dari semenjak awal kuliah hingga saat ini, aku udah tahu kok resikonya, bahwa bagaimana rasanya cari uang sendiri.

Share: 

Mahasiswa Akhir Yang Galau

Semua orang pasti pernah merasakan gejala kegalauan. Orang yang galau, biasa menyebut diri mereka dengan sebutan Galauers. Penyebab galau itu bisa datang dari lingkungan dan terutama berasal dari diri kita sendiri. Banyak faktor yang membuat seseorang bisa galau. Bisa karena gak ada uang, rencana yang dicanangkan batal, gagal dalam berbisnis hingga gagal merebut hati seorang cewek idaman bagi seorang cowok. (Curhat haha).

 

Share: 

Rabu, 13 April 2016

Hijrah Yuk

Seperti pada buku-buku yang pernah saya baca sebelumnya, bahwa, hijrah itu pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Hijrah diartikan sebagai bentuk perubahan dari sikap yang lemah ke kekuat. Dapat diartikan pula dari kebodohan ke pandaian. Kesemua itu adalah bentuk dari perubahan kita. Singkatnya hijrah itu adalah perubahan diri manusia.
Share: 

Rabu, 30 Maret 2016

Tujuh Tips Untuk Membuka Usaha Bagi Pemula

Memang begitu gampangnya sang motivator berkata kepada peserta seminarnya. Bahwa, untuk membuka usaha itu sangatlah gampang dan pakai dengkulpun bisa. Ada banyak buku-buku motivasi untuk jadi pengusaha. Tapi apakah setelah kita pulang seminar dan setelah banyak membaca buku motivasi tentang pengusaha kita akan mempraktekannya? Bisa saja, tapi akan sangat sedikit yang mempraktekannya. Terlebih bagi diri saya sendiri.
Share: 

Alasan Saya Ngeblog

Pertama kali ngeblog itu adalah sesuatu banget bagi saya. Belum lagi saya pertama kali untuk membuat tulisan itu sangat tidak mudah dan saya sempat tidak yakin dengan blog yang saya miliki ini. 

Pertama kali ngeblog itu saya lakukan di pertengahan tahun 2013. Hanya satu artikel yang saya posting di blogspot tersebut. Tapi setelah lama-lama tidak saya buka blognya, dan ingin buka lagi dan ternyata sudah tidak bisa saya buka lagi. Akhirnya, saya putuskan untuk tidak ngeblog lagi.



Share: