Minggu, 07 Februari 2016

Berkunjung ke Rumah Adat Dayak

Disini saya dan kawan-kawan menyaksikan berbagai ornamen keindahan rumah adat Dayak. Rumah Radakng Kalimantan Barat namanya, yang terletak di jalan Sultah Syahrir Kota Baru Pontianak, atau disamping rumah Melayu Kalbar. Rumah Radakng ini merupakana rumah adat Dayak Kalbar. Bersama itu, kita bisa menyaksikan berbagai ukiran dan rumahnya yang tinggi.

Rumah Radakng (Radakng merupakan bahasa Dayak Kanayatn dalam Bahasa Indonesia berarti, rumah betang atau rumah panjang) merupakan simbol semangat kekeluargaan, persaudaraan, gotong royong dan kebersamaan masyarakat Dayak. Rumah Radakng Kalimantan Barat yang terletak di Komplek Perkampungan Budaya Jalan Sutan Syahrir Kota Baru Pontianak ini sudah diresmikan oleh Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH Selasa (02/07/13) lalu. Peresmian ini sebagai bentuk penyampaian informasi kepada khalayak ramai bahwa bangunan ini sudah bisa digunakan. Rumah Radakng ini dibangun sebagai upaya pengembangan dan pelestarian adat istiadat. Karena rumah panjang punya nilai strategis.


Rumah Radakng didesain untuk menampung sekitar 600 orang di ruang utama.Sementara itu,area halaman yang luas juga dapat digunakan untuk aktivitas budaya.Bangunan ini memiliki dua tangga utama yang terbuat dari kayu berukuran sangat besar dan panjang. Siapa saja yang melintasi kawasan ini akan terkesan dan terpesona dengan arsitektur Rumah Radakng nan indah dan megah.

Foto dari depan












Share: 
Lokasi: Pontianak, Kalbar Indonesia Pontianak, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda