Senin, 01 Februari 2016

Cap Go Meh di Kota Pontianak

Tak terasa, perayaan imlek untuk tahun 2016 ini sudah dekat. Kota Pontianak dan Kota Singkawang merupakan kota tempat perayaan imlek paling ramai dari tahun ke tahun, sehingga di pusatkan di kota Singkawang. Cap Go Meh di Pontianak merupakan tradisi yang unik karena merupakan akulturasi budaya orang-orang Tionghoa dengan budaya masyarakat lokal.

Tatung/Louya adalah orang yang terpilih yang dirasuki roh leluhur yang memiliki kekuatan magis sehingga kebal terhadap tusukan, sabetan pedang, besi, maupun benda-benda tajam lainnya. Untuk menjadi Tatung/Louya selain dari proses belajar juga dari keturunan. Tak heran pada perayaan Cap Go Meh ada beberapa anak yang bisa menjadi Tatung/Louya dan ikut melakukan parade keliling Kota Pontianak.

 

Sumber Gambar


Cap Go Meh dirayakan pada hari kelima belas tahun baru Imlek dan yang menjadi fokus pada perayaan ini adalah Tatung/Louya. Cap Go Meh merupakan suatu ritual yang dilakukan oleh Tatung/Louya untuk membersihkan kampung, jalan dan tempat-tempat lainnya dari roh/makhluk jahat yang mengganggu ketentraman manusia.

Prosesi terakhir perayaan Cap Go Meh adalah pelanggan barang-barang yang telah diberkati. Barang yang dilelang seperti miniatur barongsai, ayam, berbagai jenis kue, batang tebu, minuman kaleng dan botol, jeruk serta keramik. Harga barang yang dilelang dapat mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Ini terkait dengan kepercayaan bahwa yang mendapatkan barang-barang yang dilelang dan telah diberkati akan membawa keberuntungan. Makanya tidak mengherankan jika peserta lelang berusaha untuk mendapatkan barang-barang tersebut agar keberuntungan selalu menyertai. Sumber

Menurut berita koran yang saya baca, untuk tahun ini, pemerintah provinsi tidak memberikan bantuannya ke kota Singkawang, dan untuk tahun ini giliran kota Pontianak. Walaupun begitu, begitu banyak orang yang bersedia ikut berpartisipasi dalam agenda cap Go Meh ini.

Harapannya yang terpenting nanti kedamaian ada di Kalimantan Barat. Akan ada arak-arakan naga dengan rute dari lapangan Sadjuk – Jl. Pattimura – Jl. Gajah Mada – Jl. Diponegoro – Jl. Tanjungpura – kembali ke Lapangan Sadjuk Pontianak. 

Semoga kondisi keamanan di dalam perayaan imlek dan Cap Go Meh tahun ini aman, damai, dan kondusif.


Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda