Minggu, 01 Mei 2016

Lima Tips Sukses Untuk Hadapi Sidang Skripsi

Untuk kali keduanya saya  mengikuti dan menyaksikan bagaimana sidang skripsi itu. Karena merupakan kewajiban bagi yang akan sidang nantinya. Maka mau tidak mau saya pun harus hadir.

Dalam hal ini, ternyata juga ada kartu kehadiran sidang kita, dan katanya juga sih harus penuh dengan paraf dosen yang memberikan sidang tersebut. Sebab nantinya, alasannya juga supaya saya bisa lebih memahami bagaimana itu  presentasi dipersidangan skripsi. Oke hari ini saya menyaksikan teman satu angkatan yang sidang di jam sepuluh pagi tadi.

Sekitar 20-an mahasiswa yang hadir. Mereka semua merupakan mahasiswa satu jurusan dengan saya. Ada yang menarik dari sidang pagi tadi, bahwa kita harus benar-benar dalam membuat skripsi kita. Inilah tips dari saya, tentang bagaimana kita seharusnya dalam mempersiapkan sidang kita nantinya.

Pertama, minta doa kepada Tuhan dan orang tua. Minta restunya dan berdoa supaya dimudahkan dalam menjalankan sidang skripsi kita.

Kedua, Tulislah Skripsi Sebagus-bagusnya. Dalam artian, kita harus benar-benar menulis skripsi kita tersebut (bukan plagiat) dan kalo pun kata dosen pembimbing kita oke itu skripsi, sebaiknya kita cek dan cek dulu, apakah kalimat perkalimat udah beres, apakah isinya sesuai dengan judul dan kita perhatikan betul-betul itu skripsi. Walaupun apa yang dikatakan pembimbing oke, ada baiknya kita harus cek dan cek ulang.

Ketiga, Belajar Betul-betul. Baik itu presentasi, menjawab pertanyaan penguji, dan mencari berbagai sumber referensi dan tentunya adalah kita harus baca buku. Menurut hasil seminar yang saya ikuti, bahwa untuk menghapal al-Quran, setidaknya kita harus baca 40 kali. Nah, ada baiknya kita baca dan baca terus skripsi kita tersebut.

Keempat, Ikuti Teman yang Bakal Sidang. Sebagaimana yang sudah diwajibkan oleh kampus saya, bahwa mahasiswa yang akan sidang skripsi, diwajibkan untuk hadir dalam persidangan skiripsi temannya. Hal ini, setidaknya kita bisa mendapatkan gambaran bagaimana mempresentasikan dan menjawab hasil penelitian kita.

Kelima, Jangan Katakan Eh eh. Kalo presentasi dan menjawabi pertanyaan si penguji, usahakan kita jangan ucapkan eh dan ehmm. Usahakan kata ini, sedikit saja diucapkan. Karena itu akan membuat kita semakin grogi, terlebih yang belum berpengalaman dalam presentasi. Dan kalo bisa, presentasikan dengan cara berdiri dan membuat slide semenarik mungkin, agar apa yang kita tampilan tidak membuat penguji atau dosen bosan. Semoga bermanfaat.

Share: 

2 komentar:

  1. betul. harus buatan sendiri dan betul-betul dipahami. bahkan harus diketik sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi skripsinya membeli dari jasa orang lain.

      Hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda