Selasa, 17 Mei 2016

Selamat Hari Buku Nasional

Hari buku nasional. Banyak yang tidak tahu bahwa tanggal 17 Mei adalah hari buku. sebagaimana yang sudah ditetapkan pemerintah pada tahun 2010 yg lalu ( ini saya dapatkan dari membaca koran lokal langganan saya kemaren).



Berbicara tentang buku, tentu tak bisa dilepaskan dari dunia literasi. Membaca dan menulis adalah kegiatan yang berhubungan dengan buku. buku adalah jendela dunia, dengan buku kita bisa melihat dunia dan berbagai macam ragam pengetahuan serta kita bisa berinteraksi dengan para pemikir2 hebat jaman dahulu.

Hampir ditiap peradaban, mempunyai catatan2 literatur, yaitu berupa manuskrips2 atau buku. karena dengan bukulah seseorang atau peradaban akan dikenal hingga masa kini.

Namun, tak bisa kita pungkiri dengan rendahnya minat baca masyarakat Indonesia saat ini, sedikit sekali yang menyadari bahwa betapa pentingnya membaca buku. 

Buku belumlah menjadi hal yang istimewa dihati masyarakat, buku masih barang yg langkah dan mahal. Dimana kalo ingin mencari buku, tentu akan sangat sulit didapatkan, apalagi bagi mereka yang tinggal jauh dari kota, tentu agak sulit dalam mengakses dan menemukan buku2 yg ingin dibaca. Belum lagi dengan mahalnya harga buku yang membuat masyarakat enggan untuk membeli buku.

Jadi dikarenakan hari ini adalah hari buku, tidak ada salahnya juga kita memberi hadiah kepada kerabat, sahabat dan orang tercinta seperti orang tua kita berupa buku. Apalagi di tanggal 17 Mei 2016 ini merupakan tanggal kelahiran saya (hihihi, sedikit ngarep ada yang ngasih hadiah buku, hehe), tak ada salahnya untuk memberikan saya hadiah buku.

Hadiah buku memang spesial. Terlebih buku yang diberikan adalah buku yang bermanfaat bagi yang membaca. Tak perlu mahal, yang terpenting bukunya itu memberikan manfaat kepada yang membaca.

Apalagi yang kita hadiahi adalah buku hasil karya yang kita tulis sendiri, tentu orang yang diberi akan sangat bangga membacanya (terutama bagi saya pribadi). Ayolah hadiahi saya buku dong (ngarep).

Selamat Hari Buku Nasional. Semoga apa-apa yang dicitakan oleh pemerintah kita dapat terwujud, yakni ikut mencerdaskan bangsa. Dengan membaca buku, suatu masyarakat akan menjadi pemikir dan tentunya akan mencerdaskan bangsa. Salam Buku.

Pontianak, 17 Mei 2016.
Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda