Senin, 21 Agustus 2017

10 Hal yang Kau Dapati Saat Menjadi Mahasiswa

Mahasiswa, seperti yang pernah dosen saya waktu itu katakan. Dua kata yang dipisah, maha dan siswa. Maha itu identik dengan sebutan Tuhan yang super. Maha Pengasih, Maha Penyayang. Maha agung. Sedangkan siswa, yang juga biasa kita ketahui adalah siswa-siswa dalam artian pelajar atau pembelajar. Jadi, kalau boleh saya artiken mahasiswa itu adalah pembelajar yang super.

Menjadi mahasiswa selalu indektik dengan kuliah, dosen, tugas-tugas, praktikum, presentasi, dll. Memang benar bahwa tugas utama sebagai mahasiswa adalah belajar yang baik, ipk bagus dan lulus tepat waktu. Tapi, jangan sia-siakan masa mudamu, ternyata banyak hal-hal seru yang bisa kamu lakukan ketika jadi mahasiswa, bisa sekalian upgrade diri nih.

Pertama, bertemu dengan orang-orang baru
Bertemu dengan orang-orang baru pasti dirasakan oleh setiap kamu-kamu para mahasiswa. Ya, sudah pasti bertemu dengan orang yang beranekaa ragam suku agama dan budayanya. 

Kedua, mendapat ilmu pastinya
Sudah pasti akan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang baru serta dapat mengasah sofskil masing-masing setiap mahasiswa. 

Ketiga, ikut organisasi, kamu bisa tingkatkan softskill kamu.
Pengalaman saya ikut organisasi selama masa studi di kampus cukup beragam. Kalau dihitung-hitung, ada lima organisasi yang pernah saya ikuti. Walaupun, di dalam perjalanannya berhenti ditengah jalan. Cukup beragam alasan saya waktu itu. Terutama soal dengan kemampuan dan menyangku minat saya.

Jangan pernah takut kamu akan kehilangan waktu untuk belajar dan kuliah, ikut organisasi akan buat kamu lebih menghargai waktu. Disana kamu bisa mengembangin diri, belajar berkomunikasi dengan teman lain yang mungkin beda jurusan dengan kamu, belajar berkerjasama dalam tim, siapa tau ketemu tambatan hati, dan banyak manfaat lainya, coba deh ikut organisasi di kampus.

Empat, mengabdi ke masyaratkat
Belajar enggak hanya di kampus, kita juga bisa balajar dari masyarakat langsung. Dengan mengabdi dan terjun ke masyarakat langsung kita bisa belajar arti kehidupan dan kita bisa memberi manfaat kepada sesama. Mahasiswa harus bisa jadi agent perubahan.

Tujuh, berani ikut kompetisi-kompetisi di kampus
Dalam kompetisi apapun itu, ketika kamu berani memutuskan untuk ikut di dalamnya berarti kamu sudah memutuskan menjadi seorang yang berani. Mengikuti kompetisi-kompetisi akan mempertemukan kita dengan banyak orang-orang hebat bahkan seringkali lebih hebat dari diri kita sendiri.  Hal ini dapat melatih diri kita untuk bisa berjiwa besar karena kalau kata orang, "di atas langit masih ada langit lagi." 
Alhamdulillah saya pernah ikut lomba hingga level nasional.

Delapan, aksi turun ke jalan gak dilarang kok.
Ikut aksi atau sering dikatakan demo gak dilarang kok, ada undang-undang yang mengatur tentang menyampaikan pendapat di muka umum, asal dilakukan dengan tertib dan aturan yang ada. Mahasiswa kan di tuntut peka terhadap keadaan. Saat jadi mahasiswa coba deh ikut turun ke jalan, apalagi kalau menyurakan kepentingan rakyat kecil.

Sembilan, hangout bareng sama teman-teman kampus
Saat mulai lelah dan jenuh dengan rutinitas kampus, gak ada salahnya untuk pergi main dengan teman-teman kamu, dengan main kesuatu tempat bisa mangkin mengakrabkan kamu dengan teman-teman kamu. Main gak harus mahal atau ke mall kok, lebih seru kalau main ke alam, naik gunung, camp di pantai juga seru.

Sepuluh, asmara
Pasti ada yang pernah merasakannya. Baik itu jatuh hati antar teman sekelas, beda jurusan hingga beda fakultas. Masa ini sungguh sangat menyenangkan sekali.

Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda